BisnisKesekretariatanMarketingSDM

Momentum Baru dan Optimisme Usai RAT II Tahun 2022

Dengan bangga, Koperasi Smesta mengumumkan penyelesaian Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke II Tahun Anggaran 2022. Acara penting ini digelar di Kafe Pandan Kelapa Gading, Jakarta Pusat, pada tanggal 19 Agustus 2023, bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI. Melalui metode hybrid, lebih dari 50% anggota hadir termasuk Deputi Kementerian Koperasi dan UMKM, Bapak Muhidin, Ketua Dewan Pengawas Operasional, Bapak Arief Prasetyo Adi, dan Dewan Pengawas Syariah.

Laporan keuangan oleh Ketua Koperasi menunjukkan peningkatan substansial dibanding tahun-tahun sebelumnya. Keuntungan Koperasi pada 2020 adalah 5 juta, sedikit turun menjadi 3,1 juta pada 2021, dan lompatan signifikan ke 21 juta pada 2022. Total keuntungan agregat koperasi mencapai 29 juta pada tahun anggaran 2022 dan diterima dengan baik oleh anggota.

RAT juga merangkum pergantian pengurus, dengan Mohammad Sidiq ditetapkan sebagai Ketua, Mohamad Fauzi sebagai Sekretaris, dan Lia Rosiana. sebagai Bendahara. Selain itu, beberapa anggota koperasi diajukan untuk menjadi bagian dari struktur pengelola.Selain pergantian pengurus, rapat ini juga menetapkan pengawas operasional dan syariah. Bapak Arief Prasetyo Adi ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengawas Operasional, dengan anggota : Iim Rusyamsi, Didit AB dan Rully Mardjono Sementara Ustad Farid Rifai ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah dengan anggota : Sahmullah Rivqi dan Sukma Prawira.

Dalam RAT telah diputuskan pula perubahan masa jabatan pengawas dan pengurus dari 3 (tiga) tahun menjadi 5 (lima) tahun serta memberikan kewenangan kepada pengurus untuk merevisi daftar KBLI Koperasi agar dapat menambah peluang pengembangan usaha ke depan

Smesta berambisi untuk mencapai omset Rp 615 juta pada 2023, dengan empat program besar: Pengembangan Sekretariatan dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektifitas; Pengembangan SDM Koperasi untuk meningkatkan kompetensi anggota; Pengembangan Bisnis dan Pembiayaan guna memperlebar jaringan dan investasi; serta Pemasaran dan KOMINFO untuk memperluas pemasaran dan memperkuat informasi. Sebagai langkah selanjutnya, para pengurus yang terpilih akan melaporkan hasil RAT ke Kementerian dan merencanakan rapat kerja perdana pada bulan September 2023.

Dengan semangat yang baru dan dipupuk dari rapat ini, Smesta bertekad untuk mewujudkan visi dan misi yang diusung. Momentum ini menjadi titik tolak Smesta untuk terus mengembangkan kerja sama dan mencapai pencapaian yang lebih tinggi demi kesejahteraan anggotanya. Dengan kepercayaan dan dukungan dari semua anggota, juga kerjanya yang sungguh-sungguh dari pengurus yang baru, Smesta optimis menuju ke depan. Kami percaya bahwa Smesta, yang terdiri dari alumni Budut 92, telah ditakdirkan untuk menjadi lembaga yang besar dan memberikan sumbangsih yang berarti. Sangat tepat untuk mengedepankan sumber daya manusia sebagai aset utama. Karena dengan itu, kita percaya bahwa Smesta dapat mencapai impian dan harapan itu. Tetap semangat dan terus berkontribusi! #SQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *