Program dukungan manajemen dan operasional dalam bidang Kesekretariatan antara lain :
Pengelolaan legalitas dan sertifikasi
- Pengurusan akta notaris pendirian koperasi dan dokumen pendukungnya seperti Surat Keterangan Penyuluhan dari DInas Koperasi dan UMKM setempat, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Kehadiran Pendiri dalam Rapat Pendirian Koperasi dan Berita Acara Rapat Pendirian Koperasi.
- Pengurusan dokumen kelengkapan transaksi keuangan antara lain : pembukaan rekening bank, penerbitan NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar dari Dirjen Pajak.
- Pengurusan domisili kantor operasional.
Pengelolaan Administrasi, Keuangan dan Kesekretariatan
- Mendukung unit bisnis dalam hal korespondensi dengan pihak luar seperti kantor pemeritahan, lembaga, perusahaan, organisasi dan pihak lainnya.
- Membantu proses rekuitmen anggota bekerja sama dengan bagian HRD.
- Membantu pelaksanaan pengembangan organisasi dan sistem manajemen.
Pengembangan Sistem Akuntansi Syariah dan Keamanan Database
- Melakukan riset dan komparasi terhadap pengadaan aplikasi pencatatan keuangan koperasi.
- Membantu bendahara dalam pencatatan transkasi simpanan dan pembiayaan ke dalam sistem.
Pengawasan Evaluasi dan Pelaporan
- Mengelola agenda Rapat Mingguan Pengurus.
- Melakukan evaluasi terhadap aktifitas dari tiap unit bisnis koperasi.
- Membuat laporan berkala yang disampaikan kepada Ketua.